4 Tantangan Mengembangkan Bisnis yang Wajib Di Jalani

 

Dalam berbisnis bukanlah berbicara mengenai modal materiil saja, namun masih banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Dalam berbisnis dibutuhkan sebuah komunikasi serta tindakan yang efisien dan tepat.

Bisnis itu dapat di ibaratkan sebuah anak kecil yang jika tidak di asuh benar – benar akan menjadi hancur dikemudian hari. Namun sebaliknya jika di asuh dengan benar pastilah akan menjadi sesuatu yang baik dikemudian hari. Begitu juga dengan bisnis jika anda menjalankan bisnis tersebut tidak secara benar apa mungkin bisnis itu menghasilkan sesuatu yang berharga bagi Anda.

Dalam mengembangkan bisnis, juga dibutuhkan sebuah passion, sebagai contoh Anda punya passion di bidang beladiri, tapi Anda membuka sebuah bisnis di bidang pelatihan menari ballet. Apakah hal tersebut sesuai? Tentu tidak, seharusnya Anda membuka bisnis pelatihan beladiri.

 

Namun bukan berarti jika Anda menjalankan bisnis tidak sesuai passion maka tidak dapat berhasil. Hal tersebut kembali lagi kepada Anda sebagai yang menjalankannya. Namun memang dengan mengikuti passion, bisnis tersebut akan memiliki peluang dikarenakan Anda tahu apa yang harus Anda lakukan serta strategi apa yang akan Anda pakai untuk mengembangkan bisnis Anda.

12321177_10153415420865843_4835062538119695393_n

Lalu apa saja hal – hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan sebuah bisnis? kali ini akan sedikit kita bahas mengenai 4 tantangan dalam mengembangkan sebuah bisnis.

1. Tantangan Menggali Kelebihan dan Kelemahan

Sebelum Anda menjalankan sebuah bisnis ada baiknya Anda mengetahui apa kelebihan dan kelemahan yang ada pada diri Anda.

Bertanyalah pada diri Anda sendiri, mengapa hal tersebut perlu dilakukan? karena dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri dapat membantu Anda mengetahui kapasitas Anda dalam menjalankan sesuatu. Mengetahui kelebihan itu adalah hal penting, namun lebih penting lagi mengetahui kelemahan, dengan tahu kelemahan diri sendiri Anda dapat menyusun sebuah tim yang kemudian dapat menutupi kelemahan tersebut.

2. Tantangan Untuk Berkolaborasi

Berbisnis itu bisa diibaratkan sebagai kita bertetangga, kita butuh para tetangga kita untuk membantu kita, mengingatkan kita disaat kita kesulitan disaat kita melakukan kesalahan. Jadi untuk mencapai suatu keberhasilan dalam bisnis, alangkah baiknya anda menjalin kerja sama dengan berbagai tenaga ahli atau bisa kita sebut dengan berkolaborasi. Dengan kerja sama itu kita dapat lebih tenang dalam mengembangkan bisnis kita karena ada tenaga – tenaga ahli yang siap mensupport kita.

3. Tantangan Mengembangkan Bisnis dengan Teknologi

Dalam berbisnis itu bukan hanya mengenai kualitas suatu produk, namun ‪#‎teknologi‬pun bisa menentukan kesuksesan suatu bisnis. Dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada kemudian mengimplementasikannya pada bisnis kita itu dapat menjadikannya sebuah nilai tambah bagi bisnis tersebut.

Hal tersebut menandakan bisnis kita termasuk bisnis yang mengikuti perkembangan pasar. Sebuah bisnis yang besar pastilah didukung oleh sebuah teknologi yang canggih, entah itu dari segi jaringan komunikasi yang baik, platform yang digunakan dan lain sebagainya.

4. Tantangan Mengikuti Hasrat Bisnis Dalam Diri Anda

Dalam menjalankan sebuah bisnis, jika Anda mengikuti hasrat bisnis Anda maka pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik, setidaknya memuaskan. Namun bukan berarti hanya dengan mengikuti hasrat bisnis Anda bisnis tersebut akan sukses. Anda tetap harus memvalidasi bisnis tersebut, apakah bisnis Anda memberikan pemecahan masalah bagi konsumen Anda, apakah produk dari bisnis Anda pantas untuk dipasarkan.

Dalam berbisnis itu hampir semuanya mengenai ilmu pasti, akan ada hitung – hitungan angka mengenai untung dan rugi dari bisnis Anda. Namun tidak menutup kemungkinan ada unsur yang diluar kepastian, yang terkadang tidak terpecahkan oleh ilmu pasti. Jadi intinya Anda harus gunakan hasrat berbisnis Anda dan validasilah ide bisnis tersebut.

Sumber : maxmanroe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s